Rabu, 09 Mei 2012

Literasi Media Majalah Remaja


Advertorial Iklan

Advertorial iklan adalah iklan yang bentuknya merupakan tulisan-tulisan yang memiliki gaya bahasa jurnalistik. Tujuan iklan advertorial dibuat adalah untuk mempromosikan produk yang di iklan kan bagaimana cara kerja produk tersebut di masyarakat dan juga memperkenalkan produk tersebut kepada khalayak banyak melalui media masa.


Advertorial iklan menurut para pakar:

-          “Iklan yang digunakan untuk mempromosikan pandangan tertentu, istilah ini berasal dari advertising dan editorial.” Kleppner 1992.

-          “Advertorial that is half advertising half editorial aimed at swaying public opinion rather then selling production.” Arens 1992.

Produk:
Feminax adalah obat penahan rasa nyeri untuk perempuan-perempuan pada saat haid yang biasanya dialami oleh para remaja pada masa puber.

Tujuan pembuatan iklan:
Advertorial iklan Feminax pada majalah Aneka Yess! ini menceritakan tentang empat orang gadis remaja yang mengalami nyeri pada saat haid sedangkan mereka sedang ingin melakukan aktifitas dan kegiatan kesukaan mereka. Lalu kemudian mereka meminum Feminax dan setelah ke empat orang gadis ini meminum Feminax mereka bisa melanjutkan aktifitas dan kegiatan mereka kembali dengan lancar tanpa memikirkan rasa nyeri haid lagi.

Iklan ini di buat sedemikian penuh warna agar dapat lebih menarik perhatian pembaca, yang di dominasi oleh kaum remaja perempuan. Karena target audiens dari majalah nya sendiri pun adalah kaum remaja. Cerita yang di sajikan pada advertorial iklan pun lebih menonjol pada cita-cita seorang gadis remaja yang keinginan nya akan terhambat bila sedang mengalami haid oleh karena sakit dan nyeri yang tidak tertahankan dan mengubah mood mereka menjadi drop, lalu disarankan untuk meminum feminax agar mereka dapat melanjutkan aktifitas mereka kembali. Dengan baik tanpa rasa nyeri akibat haid yang sangat mengganggu aktifitas mereka.

Dari iklan ini bisa dilihat bahwa majalah Aneka Yess! ingin menyampaikan kepada para pembaca mereka. Bahwa walaupun mereka para gadis remaja sedang megalami gangguan pada saat menjalankan aktifitas yang mendukung cita-cita mereka. Jangan hiraukan hal tersebut karena gangguan tersebut hanya sementara. Tidak sebanding jikalau aktifitas mereka berhenti hanya karena gangguan-gangguan yang bersifat sementara itu. Di dalam advertorial iklan tersebut juga menyampaikan bahwa para gadis remaja harus terus semangat dalam melakukan kegiatan-kegitan mereka yang sifatnya positif.


Cover Lines

Pada sampul majalah Aneka Yess! edisi maret 2010, majalah ini menampilkan tampilan yang cukup ceria. Dengan menggunakan dua orang artis yaitu sherina dan vokalis band zigaz sebagai foto cover yang memakai baju stylish dan dengan bergaya yang ceria dan energik. Mengingat band zigaz sedang naik daun saat itu dengan lagu-lagunya yang sangat bersemangat, sesuai dengan motto majalah aneka sendiriyoung energetic smart ‘n stylish. Topik utama yang di angkat oleh majalah Aneka Yess! adalah Cool Jobs, your passion can be your career, bahwa apa yang kita minati bisa menjadi karir kita, mereka menggunakan artis dan penyanyi yang memulai karirnya dari awal oleh karena minat yang sudah digelutinya dari dahulu.
Majalah Aneka Yess! mengutamakan artikel “Cool Jobs” dengan tulisan berwarna kuning cerah menunjukkan mereka sangat menonjolkan artikel itu, yang juga menjadi topik  utama dalam edisi tersebut. Penulisan nama majalah yang cukup besar menunjukkan bahwa mereka cukup dikenal orang, sekalipun dalam cetakan sampul  front sedikit tertutup oleh model tetapi tetap terlihat karena ukuran front yang dibuat besar. Pada sisi bawah terdapat tulisan dengan background hitam menunjukkan tulisan khusus, yang menunjukkan kelanjutan isi majalah. Sampul juga menuliskan isi majalah tentang masalah-masalah kehidupan pada remaja, menunjukkan bahwa majalah ini tidak hanya menyodorkan iklan, tetapi memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat bagi para pembacanya.
Bisa disimpulkan dari sampul majalah Aneka Yess! bahwa majalah ini ingin membentuk para pembacanya untuk tampil stylish, tetap update dengan informasi-informasi terbaru, berani untuk berbicara, berpendapat dan mengembangkan cita-cita dan kemampuan sesuai dengan minats yang para pemabaca miliki masing-masing.
Content Analysis

Sejak pertama terbit pada tahun 1990-an, majalah Aneka Yess! memang membidikan segmen remaja dari usia 13 tahun sampai 21 tahun. Majalah ini tidak hanya untuk remaja perempuan tetapi remaja laki-laki juga dapat membacanya. Isi majalah pun sangat dekat dengan kehidupan remaja. Mulai dari liputan kegiatan sekolah, fashion, musik, dan artikel-artikel gaya hidup remaja, hingga beraneka ragam tips dan cerita pendek untuk remaja.
Majalah Aneka Yess! juga membuat kegiatan yang disesuaikan dengan minat remaja. Misalnya menyelenggarakan pemilihan model cover Aneka Yess! untuk remaja perempuan dan remaja laki-laki. Ajang yang diadakan oleh majalah ini pun sudah banyak mengeluarkan nama-nama yang terkenal di dunia entertainment.
Isi content-content majalah ini terkesan ingin membentuk para remaja untuk tampil stylish setiap saat dan tidak ketinggalan jaman. Banyak artikel yang menunjukan cara berpakaian yang stylish dan fashionable, cara berdandan untuk wanita yang baik, informasi seputar dunia artis remaja yang tidak boleh ketinggalan untuk para pembacanya. Majalah ini juga ingin membentuk para pembacanya untuk tampil lebih kreatif, mengembangkan minatnya lebih lagi dan memanfaatkan kehidupan mudanya sebaik mungkin. Sesuai dengan motonya “young energetic smart ‘n stylish”. Majalah Aneka Yess! juga mengikuti perkembangan trend dan jaman, bahasa yang digunakan pun adalah bahasa gaul dan isi rubrik fashion nya pun disesuaikan dengan model masa kini. Majalah ini ingin membentuk pembaca yang up to date, gaul dan tetap bersemangat karena masih memiliki jiwa muda di dalam dirinya.

Penutup

Majalah Aneka Yess! merupakan majalah remaja yang ingin membentuk para pembacanya yang masih remaja, baik remaja perempuan atau remaja laki-laki. Untuk lebih berjiwa muda, stylish, semangat, gaul, up to date, kreatif, dan juga tidak ketinggalan jaman. Tetapi para pembaca juga tetap harus berhati-hati dalam memilih bacaan yang akan mereka baca, apakah pesan dari media tersebut berbobot dan benguna untuk mereka konsumsi, dan berdampak baik atau tidak bagi diri mereka masing-masing.


 
Prepared By :
Andre Reynaldi
Eveline Yuke Putri
Michelle Monic
Theefena
Yessitha Natalia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar