Senin, 26 Maret 2012

OREO

MEDIA LITERACY


video
coutesy of youtube

" Afikaaa..!! || iya ?? || ada yang baru nih || apa ?? || pake ini dulu yaa ?? .. uda siap ?? || udah || nanti dingin loh.. ini dia oreo ice cream rasa orange || haahh jaruk ?? || diputar, dijilat, dicelupin. brrrrr "



Siapa yang gak tau tentang iklan diatas ? Iklan tentang "OREO" ice cream flavor rasa jeruk namun dibintangi oleh anak kecil bernama Afika .


Kami telah menganalisis mengenai iklan tersebut . Dari bagaimana kita mengerti pesan dan maksud dari iklan tersebut. Lalu bagaimana kita mengerti bagaimana proses media komunikasi sampai ke penonton. Apa sih efek yang timbul kalo kita liat video ini ? Gimana kemampuan kita untuk mengerti konteks media dalam bentuk teks ato kata - kata ? Trus gimana cara kita buat analisa media ini ? Dan gimana kemampuan kita untuk paham trus menikmati video ini?


Semua jawaban ada di bawah :)


Berfikir secara kritis adalah proses mental untuk menganalisis atau mengevaluasi informasi. Informasi tersebut biasanya didapat dari hasil pengamatan, pengalaman, akal sehat atau komunikasi. 


Kali ini kami akan membahas tentang cara berpikir kritis terhadap suatu iklan, dan iklan yang kami ambil adalah iklan oreo orange yang diperankan oleh artis cilik, Afika. Iklan oreo kini telah menjadi perbincangan masyarkat banyak. Selain karena rasa oreonya yang baru, yaitu Oreo ice cream flavor rasa jeruk, artis cilik yang memerankan iklan tersebut pun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton karena tingkah dan wajahnya yang menggemaskan. Percakapan yang digunakan dalam iklan pun menjadi trend bagi kalangan anak muda yang biasanya percakapan tersebut digunakan sebagai joke atau candaan. berikut adalah beberapa contoh percakapan joke iklan oreo yang saya dapatkan dari kaskus.


Afikaa..!! || iyaahh ..? || aku gak punya pulsa !! || *pingsan*


Afikaa..!! || iyaahh ..? || ayam - ayamku mana ? |


Afikaa..!! || iyaahh ..? || aku ada yang baru nii..! || apa ? || mau tau ? wani piroo.. ? |


Afikaa..!! || iyaahh ..? || aku ada yang baru ni .. || apa? || "ini pensil, ini permen mintz, daripada gigit pensil mening gigit indomie || ini iklan oreo, mintz, apa indomie si ? |


Tapi sebenarnya percakapan asli dari iklan oreo seperti diatas , tapi kami tulis lagi seperti ini

" Afikaaa..!! || iya ?? || ada yang baru nih || apa ?? || pake ini dulu yaa ?? .. uda siap ?? || udah || nanti dingin loh.. ini dia oreo ice cream rasa orange || haahh jaruk ?? || diputar, dijilat, dicelupin. brrrrr "


Kami juga memasukan sedikit gambar Afika yang dipelesetkan oleh masyarakat :















Itu beberapa contoh foto Afika yang di edit oleh masyarakat secara kreatif

Menurut pengamatan yang kami amati . Kami tidak melakukan analisa terhadap anak - anak secara keseluruhan . Tetapi kami bertanya kepada salah satu anak kecil "Tahu nggak Afika oreo?" . Memang tidak semuanya paham, tetapi begitu kami jelaskan mengenai iklannya mereka semua langsung tahu.

Sedangkan dikalangan dewasa iklan oreo sangat "HITS". Apalagi si anak kecil Afika dimana - mana diperbincangkan. Masyarakat sampai mencari - cari dimana keberadaan Afika untuk melihat aslinya dan ingin berfoto. Padahal yang dijual adalah produk oreonya bukan Afika nya.

Berhasil tidaknya pesan yang disampaikan oleh iklan Oreo rasa jeruk ini kepada target market , karena disebabkan oleh banyak hal . 

Itu merupakan pemikiran kritis kami mengenai iklan video Afika. Sekarang kami akan menjelaskan mengenai proses media massa bisa sampai ke masyarakat luas.

Kami telah menganalisa iklan video tersebut bagaimana kita mengerti tentang media massa. Dan proses media massa itu sendiri


Proses media massa seperti kita ketahui adalah proses komunikasi dengan menggunakan media massa yang berbentuk cetak maupun non cetak. Cetak seperti surat kabar, majalah , dll. Non cetak seperti radio, televisi, internet dan juga film. Proses media massa memiliki 5 unsur yang disebut komponen dalam proses komunikasi.


Unsur - unsur tersebut adalah WHO (siapa komunikatornya), say WHAT (apa yang dikatakan), in WHICH channel (melalui saluran apa), to WHOM (kepada siapa), with WHAT effect (dengan efek apa)


Menurut kami iklan oreo terbaru yang dibintangi oleh Afika mencangkup unsur-unsur yang terkandung dalam komunikasi. Seperti unsur who, komunikator jelas adalah Afika dan juga temannya. Di iklan tersebut temannya ingin memberitahu Afika bahwa Oreo telah mengeluarkan produk terbaru mereka yaitu Oreo dengan rasa Orange ice cream. 



Iklan ini adalah media massa yang terbentuk non cetak karena iklan ini ditayangkan di televisi. Iklan ini dibuat tentu untuk target audience mereka yaitu anak - anak. Dapat terlihat di iklan ini nuansa yang ada sangat santai dan tidak serius serta simple 


Ketika suatu perusahaan akan mempromosikan produknya, mereka akan membuat sebuah iklan. Ketika iklan tersebut sudah jadi, maka akan ditampilkan di media, sehingga masyarakat akan mengetahui produk tersebut.

Mereka memiliki sebuah tujuan yaitu untuk menyampaikan pesan produk mereka kepada masyarakat agar masyarakat mengetahuinya. Supaya target audience merasa tertarik, mereka akan mengemas iklan tersebut secara menarik , sehingga lewat iklan tersebut masyarakat akan mengingat atau bahkan ingin lebih tau produk tersebut lebih dalam dengan membeli produk tersebut.



Iklan ini menceritakan tentang seorang anak (yang lucu dan menggemaskan) bernama Afika. Ia sedang duduk dan temannya pun datang yang menyuruh dia menggunakan pakaian musim dingin . Ketika ia bertanya untuk apa, temannya mengeluarkan sebuah produk baru yang mempunyai rasa mint, sehingga menunjukan sensasi dingin yang dirasakan ketika kita memakannya. Mereka juga memperagakan cara / gaya makan oreo yang sudah populer sejak lama yaitu "diputer, dijilat , dicelupin". Hal yang paling dominan adalah mereka melakukannya melakukan seluruh adegan dengan tingkah dan raut wajah yang menggemaskan.


Awalnya, ketika melihat iklan oreo ini kami berfikir ini hanyalah sebuah wadah untuk mempromosikan produk. Namun karena dikemas secara menarik penonton pun menikmatinya sebagai hiburan dan akhirnya penonton tertarik akan produk tersebut. 



Kami akan mencantumkan sedikit gambar dari iklan tersebut dengan media cetak : 











Itu merupakan sedikit kemasan mengenai Oreo ice cream flavor rasa jeruk. Iklan ini memberikan pesan ke kita bahwa ada rasa oreo baru yaitu rasa jeruk dengan rasa yang berbeda dari yang lain. Dari kemasan saja kita sudah bisa lihat bahwa rasanya dingin seperti ice cream . Di iklan juga diberitahukan bahwa makan Oreo ice cream flavor rasa jeruk akan berasa dingin . 


Seperti yang sudah kami singgung diatas , Oreo memiliki slogan yang sudah lama ada yaitu "diputer, dijilat, dicelupin". Cara tersebut adalah cara yang digunakan oleh orang Indonesia untuk menikmati makanan kecil di sore hari ataupun pagi hari dengan mencelupkannya kedalam susu atau teh. Tapi kebanyakan masyarakat Indonesia mencelupkannya dengan susu.




Namun dalam dunia sekarang kita sedang mengalami era globalisasi, dimana media mempunyai peran yang sangat
besar untuk menyampaikan informasi kepada publik. Semua media mempunyai peran yang kuat untuk menyampaikan informasi . Televisi sekarang sudah dapat dinikmati oleh siapa saja, dimana saja baik itu anak kecil sampai orang tua dari kalangan manapun.


Segala jenis informasi dan pesan sudah disampaikan oleh media televisi dalam segala jenis. Seperti film, berita, iklan, reality show, talk show, dan sebagainya. Tetapi dengan kemudahan mendapatkan informasi itu kita juga harus peka atau melek terhadap tontonan yang kita lihat di televisi, karena itu dapat mempengaruhi cara berpikir dan persepsi setiap orang. Contoh iklan diatas adalah contoh iklan yang kami analisa dari televisi. 


Kami menganalisa iklan tersebut dengan melihatnya melalui media di televisi dan juga internet.


Kami juga akan menjelaskan efek dari video tersebut , bagaimana video tersebut bisa "HITS"


Bisa dibilang perusahaan yang mengeluarkan produk Oreo berhasil dalam membuat iklan ini. Karena sampai sekarang masyarakat pun terniang dengan iklan ini walaupun terniang karena adanya Afika. Tapi diluar itu banyak orang pun yang ingin mencoba produk tersebut, kami pun jadi ingin mencoba produk tersebut karena melihat kelucuan dan keluguan Afika sebagai bintang iklan tersebut.


Itu adalah efek dari iklan Oreo ini. Yaitu membuat penonton ingin membeli produk Oreo tersebut dan ingin mencicipinya.


Kami pun menikmati iklan tersebut dan kalau sedang melihat iklan tersebut kami tertawa melihatnya 

Ini sebagian dari analisis kami mengenai iklan oreo rasa jeruk yang dibintangi oleh Afika :)








Ini adalah tulisan yang kami tuangkan kedalam blog kami, terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca . Bila ada kesalahan kata dan penulisan kami mohon maaf karena tidak disengaja .


Kami terdiri dari 5 orang 




THANK YOU :)





Senin, 19 Maret 2012

FAST FOOD VS TRADITIONAL FOOD

Mainstream and non mainstream 

Apa si yang kalian ketahui tentang kata - kata diatas ? Terdengar asing sepertinya di telinga para pendengar.



Hmmm sebelumnya kita mau bahas tentang mainstream yang masuk ke Indonesia.


Bicara soal makanan yang biasa kita makan, menurut kalian makanan apa si yang enak, mudah didapat, higienis dan harganya pun terjangkau ?
Gak usa dijawab, pasti dalam otak dan pikiran kalian adalah fast food dalam bahasa Inggrisnya, tapi kalau bahasa Indonesianya makanan cepat saji !


Sepertinya fast food sudah marak dimana mana. Dari mall yang kecil sampai mall yang paling "HITS". Bukan begitu ? Tanpa kita sadari , dimana - mana sekarang mall sudah menjual berbagai fast food . 


Kalau kalian jalan di mall manapun pasti ada makanan cepat saji seperti McD, KFC, Burger King, dll. Dan kebanyakan dari kita pasti lebih memilih untuk makan makanan cepat saji.
Makanan cepat saji sudah menjadi pilihan kebanyakan orang - orang di jaman modern ini . Semua orang sekarang di tuntut untuk melakukan segalanya serba cepat dan serba instant.
Apakah kami benar ? Pastinya! Apalagi kita semua berada di kota metropolitan "JAKARTA"
Ada pepatah "time is money" . Jadi kita pasti lebih memilih makanan yang cepat dan instant.


Apa kalian semua sadar sekarang semua fast food berlomba - lomba supaya mendapatkan customer lebih banyak dengan menaikan fasilitas seperti adanya drive thru, delivery service 24 hours / 7 days, free hotspot. Siapa yang gak tergiur dengan semua fasilitas itu?
Dari orang yang sibuk kalau ingin makan fast food , bisa memesan lewat mobil tidak perlu turun. Kalau ada orang lembur lapar mereka hanya datang ke restaurant 24/7 .
Di jaman globalisasi ini semua orang sudah membuat semua menjadi mudah.


Itu adalah dampak positif yang kami telusuri dalam makanan fast food. Namun kami juga menelusuri dampak negatifnya. Banyak makan fast food, akan merusak gangguan kesehatan, dapat menyebabkan kanker bila dikonsumsi setiap hari. Mengapa bisa berdampak buruk seperti itu? Karena namanya saja makanan cepat saji, mereka membuatnya cepat dan instant dengan menggunakan bahan pengawet, dll. 


Kami akan memberikan contoh - conntoh tempat makan yang ada di Indonesia :






McDonald's




KFC



BURGER KING


Itu adalah sebagian contoh tempat fast food yang terdapat di Indonesia. Apa aja sih yang mereka jual?


KFC menjual berbagai macam makanan seperti nasi ayam, kentang goreng, minuman, dll


Burger King lebih menjual Burger mereka dan juga kentang serta minuman
Burger King hanya menjual Burger saja . Ada berbagai macam bentuk dan rasanya. Ada blackpapper, double chesse burger, dll




McD di Indonesia berbeda dengan McD diluar negeri. Diluar negeri mereka menjual burger dan kentang, serta makanan kecil.
Bila di sini, McD menjual paket nasi ayam dengan soup dan juga telur  + minum 


BAGAIMANA MEDIA MEMPROMOSIKANNYA ?





            http://www.kaskus.us/                           http://www.fastfact.info/



Kami juga memasukan sumber video dari iklan fast food, bila kalian ingin melihatnya silahkan buka link dibawah ini. Kami hanya memasukan salah satu contoh iklan :)




video
                                                                courtesy of youtube
 MCD

                        

Mcd 
arab lawak: http://cantek.kit2u.info
menu mantap: http://jingle-iklan-tv.blogspot.com
i'm lovin it "hantu lapar": courtesy of youtube

KFC
agnes monica: www.agnezone.com
super mantap(di perpus): http://jingle-iklan-tv.blogspot.com

BK
kick'n chicken: courtesy of youtube
burger king whopper: http://arabaquarius.blogspot.com/
wake up with the king: www.dhadm.com
chichken fries commercial: www.chickflix.com



Itu sedikit penjelasan kami mengenai mainstream yang sangat mewabah dan menjadi kebiasaan masyarakat yang ada di Indonesia. 
Kami akan melanjutkan dengan makanan tradisional Indonesia.

Seperti kita ketahui, Indonesia terdiri dari beberapa provinsi. Dan di setiap provinsi terdapat ciri khas makanannya masing  - masing. Harga dari makanan tradisional biasanya relatif murah. Kami mengambil contoh makanan khas Bogor yaitu roti unyil, lalu gudeg dari Jogja, mie kocok dari Bandung, pempek dari Palembang, ayam rica - rica dari Manado dan masih banyak lagi contoh makanan lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Makanan tradisional masi memiliki ciri khas tersendiri dari bentuk, rasa , aroma dan juga bahan - bahan yang alami. Makanan tradisional pastinya lebih sehat karena mereka membuatnya dengan tangan manusia dan dengan bahan yang alami.


Kami akan memasukan sedikit gambar makanan tradisional yang ada di Indonesia 




Ini adalah makanan khas Jakarta yaitu gado - gado.
Isi dari gado - gado adalah tahu, toge, telur, sayuran
dan yang paling khas dari makanan ini adalah bumbu kacang



Ini adalah makanan khas Manado yaitu ayam rica - rica.
Makanan ini terkenal dengan rasanya yang khas yaitu pedas



Ini adalah makanan khas Jogja yaitu Gudeg.
Gudeg sangat terkenal di Jogja karena rasanya yang masih khas Jawa.
Isi dari gudeg adalah telur, nasi, sayuran, krecek, tempe bacem.


 Ini adalah makanan khas Palembang yaitu pempek.
Pempek sangat terkenal dengan ciri khas kuahnya yang asam dan manis.
Pempek biasa disajikan dengan mie, bihun, ketimun, ebi.


 

Ini adalah makanan khas Padang yaitu nasi padang.
Nasi padang menjual berbagai macam makanan
seperti ayam, ikan, sayuran, dll.
Yang khas dari masakan Padang adalah bumbunya yang pedas dan khas




 Ini adalah makanan khas Indonesia yang dimana - mana bisa ditemukan yaitu sate.
Ada sate ayam, sate kambing, sate padang, sate kerbau, dll




Ini juga merupakan makanan khas Jakarta yaitu soto betawi.
Soto ini sangat terkenal di Jakarta karena rasa kuahnya yang berbeda dari soto lainnya.



Ini adalah contoh menu makanan tradisional yang biasanya terdapat di restoran tradisional.



 Ini adalah makanan khas Bandung yaitu mie kocok.
Mie kocok sangat terkenal di Bandung karena cara pembuatannya dengan dikocok.


Itu merupakan beberapa contoh dari makanan tradisional yang kami dapatkan dan kami telusuri.

Tetapi ada juga sisi negatif juga dari makanan tradisional. Makanan tradisional biasanya kebersihannya tidak terjamin karena biasanya makanan ini dijual di pinggir jalan. Tidak banyak makanan tradisional yang dijual di restoran. Dalam pengemasan makanan pun, makanan tradisional biasanya hanya menggunakan kertas untuk membungkusnya, bahkan ada yang hanya menggunakan plastik.

Perbedaan dengan makanan cepat saji pun sangat jauh . Makanan cepat saji lebih mudah disajikan dan langsung dimakan dibandingkan dengan makanan tradisional. Maka dari itu makanan cepat saji juga lebih laku di pasaran dibandingkan dengan makanan tradisional.




Kami menggabungkan gambar makanan cepat saji dengan makanan tradisional kita.

Makanan tradisional jarang sekali diliput oleh media kecuali seperti acara - acara kuliner di TV. Biasanya host atau pembawa acara di acara TV tersebut memperkenalkan makanan khas dari berbagai kota yang mereka kunjungi.

Kami mengambil contoh dari beberapa TV yang meliput makanan tradisional dengan sebuah acara 




Ini adalah om Bondan Winanarno dalam acaranya
' Wisata Kuliner '



Ini adalah gambar dimana om Bondan sedang mencicipi makanan tradisional 

http://www.jembenkpoenja.blogspot.com/
 
Om Bondan memiliki ciri khas yaitu
" Mak Nyussss "


Kami juga mengambil contoh acara TV lainnya "Benu Buloe"

Acara ini juga mempromosikan makanan tradisional Indonesia

 
 
                 http://www.ususmercon.blogspot.com/
Ini disaat Benu Buloe sedang mencicipi makanan 


 
           http://www.id-id.facebook.com/                       http://www.kaskus.us/        


Benu Buloe lebih mengambil konsep makan makanan tradisional dengan pakaian yang bervariasi dan unik. Contohnya seperti gambar diatas. Benu memakai baju Einsten dan juga Obelix


Itu merupakan sedikit contoh bagaimana media mempromosikannya. Tapi tidak hanya di TV, ternyata ada juga makanan tradisional yang dipromosikan lewat majalah

                          http://www.femina.co.id/                   http://www.budiboga.blogspot.com/                 

Sebenernya makanan tradisional di Indonesia sudah dipromosikan oleh media sedemikian rupa banyaknya. Dari media TV yang mempromosikannya dengan acara kuliner, lalu ada juga dari majalah. Tapi kenapa masyarakat kita tetap lebih memilih makanan fast food ?

Kami mengambil contoh kasus yang ada di Indonesia bahwa makanan cepat saji atau fast food lebih disukai masyarakat daripada makanan tradisional. Sadar gak si kalau anak-anak ulang tahun dirayain di restoran fast food? Seperti McD, KFC, Hoka - hoka bento, Burger King .
Itu sudah terlhat bahwa fast food sudah mewabah ke anak - anak. Dan lama kelamaan itu bisa menjadi suatu budaya dalam kehidupan masyarakat kita .

Kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki banyak budaya dan provinsi seharusnya bangga dengan budaya kita, makanan khas kita. Inilah pengaruh dari budaya luar yang sudah masuk ke budaya kita.



Sekian blog dari kami :) 

Kami semua terdiri dari 5 orang :


                            
                           @evelineyuke                                                      @yesitanataliaa

 

@dre_sancta



                                       @fenawang                                                              Michelle Monic





 THANK YOU :)